Senin, 11 Juli 2011

Sandal Jepit gue


sandal jepit gue ini sudah jelek sekali . lusuh . kumel . dekil . talinya warna ijo . merk SWALLOW . harganya ceban . dulu yang gue beli 3 taun lalu warnanya masih putih . sekarang sudah krem kecoklat2an . dulu yang masih tebel se tebel ibu jari gue . sekarang tinggal setebel buku tulis adek gue yang harganya seribuan .

maklumlah , gmana lagi ? tu sandal gue pake tiap ke kamar mandi , tiap hari . jadi tiap hari tu sandal ketemunya air sama lumut . jadi mungkin itu yang bikin tu warna sandal jadi surem . belum lagi kalo pas kena kencing gue . aiihhh ..

gue sayang ama tu sandal , soalnya dia nyaman di kaki gue , empuk . walaupun sekarang gak se empuk dulu .

banyak pengalaman gue ama tu sandal . dari yang nginjek tai ayam , kena paku . pernah juga nemenenin gue jalan dorong motor pas motor gue bannya kempes , sampe tali tu sandal lepas (tapi masih bisa gue benerin kok :D)

sampek sekarang belum kepikiran gue pengen beli sandal yang baru , cintrong dah pokoknya .
dulu pernah waktu di pasar , ada rame-rame . eh , gue liat ternyata orang-orang pada nguber jambret yang ketahuan . tu jambret larinya kenceng banget , orang-orang di pasar pada nggak ada yang bisa nangkep . secara waktu itu jiwa kepahlawanan gue lagi tinggi (gue kan waktu SMA masuk tim voli: nyambung apah ?)

gue timpuk tu jambret yang lari di depan muka gue . jarak 10 meter , udah gue presesiin arah lemparan gue . Wuuuuurrrr ... gue lempar nih sandal .. bakal kena kepala si jambret nih , pikir gue ..!!

nahh looo .. ternyata nyrempet aja kagak !! wadaahhh .. payah nih .. yang ada tu sandal masuk ke warung tukang dawet depan gue . malu banget gue ..

mati nih . gue mau kabur aja , malunya nggak ketulungan soalnya . belum lagi tu yang punya warung dawet pasti marah .. pikir gue .

tapi gimana juga ? gue udah terlanjur sayang ama tu sandal . dia setia banget ama gue , masa gini aja gue mau ninggalin dia . kesetiaan gue dipertaruhin disini (lebay parah).

setelah menata hati dan keberanian sedemikian rupa , gue nekat masuk ke warung itu .

" maaf buk , mau ngambil sandal yang barusan masuk .. hhee " tampang gue cengengesan .

" oiya ini mas .. mas saya sebenernya tau tu jepit udah jelek banget . kalo emang mau di buang ya dibuang dua2nya to mas , biar kalo ada yang mau nemu yang nemu itu nggak bingung nyari pasangannyya . lagian ibuk juga gak yakin ada yang mau nemu jepit mas itu " jawab si ibuk penjual dawet sambil ketawa .

" hhheee .. iya buk " jawab gue .

parah dahh .. malu banget . gakpapalah demi sandal kesayangan gue . . toh awalnya niat gue baek (nangkep jambret) , pasti Allah udah nyatet jadi amal kebaikan gue . Allah gak liat hasilnya , Allah liat niat dan usaha kita . hoorrraaayyy ..

ini juga bukti kesetiaan gue ama dia . soalnya dia juga pernah buktiin setianya ama gue . dulu waktu gue pake tu sandal ke masjid buat sholat jamaah , pas pulangnya gue liat tu sandal gak ada di tempatnya . Wallah .. ada yang ngembat nih (pikir gue) ..

sedih rasanya . tapi mau gmana lagi , nggak bisa di cari juga . padahal gue gak nyangka da yang mau ama tu sandal . hmm , gue doain aja yabg nyuri cepet tobat , dan kalo misal dia punya sakit mata cepet disembuhkan sama Allah .

nahh , selang dua hari waktu gue berangkat lagi ke masjid tu sandal nongol lagi di halaman masjid itu . kaget campur seneng capur terharu , jadi satu waktu itu . ini buktinya tu sandal setia ama gue . walaupun dia punya majikan baru , tetep dia maunya ama gue . ou ou ouuu . so sweet ... :D

banyak kenangan yang gue punya ama sandal ini mulai yang romantis sampe yang tragis .
yang paling gue demen waktu gue jalan kaki ama nih sandal ke masjid , sholat . udah ngejalanin syariat , dapet pahala juga .

lagian gue juga pengen ntar di akhirat nih sandal jadi saksi gue didepan Allah , kalo bisa . hhee .. (sekalian aja kalo ada surga buat sandal :D , kagak mungkin)

gue pengen selalu apa-apa nikmat Allah yang dikasih ama Allah (termasuk nih sandal) gue pake buat mensyukuri nikmatNya dengan selalu ngejalanin perintahnya . gue gak mau di lalaiin ama nikmat2 yang keren itu . ato nantinya malah mereka jadi yang njerumusin gue ke neraka . jadi saksi gue yang ingkarin nikmat Allah . misalnya pas gue mau nyolong mangga di kebun punya orang , ni sandal selalu ingetin gue bahwa sebenarnya banyak banget saksi yang nantinya ngomong di depan Allah tentang apa aja yang gue lakuin di dunia , termasuk sandal ini mungkin .

kaya mereka tuh orang-orang yang bercokol di atas yang korusi , gue yakin uang-uang yang mereka korupsi jadi yang nyeret mereka ke neraka .
belum lagi rakyat-rakyat yang mereka dzolimi . yang mereka miskin karena harga-harga pada di naikkin , anak-anak kecil yang mati kelaperan karena orang tu mereka gak bisa kerja karena sistem yang amburadul , mereka yang mati karena penyakit dimana mau berobat aja dipersulit ato harganya tinggi selangit . belum lagi mereka yang ikut dosa karena pemerintahnya gak mau nerapin hukum Allah . banyak dah banyak , kalo gue sebutin satu persatu . ngeri dah ngeriii .. (elu pasti lebih punya banyak contoh)

udahlah , yang penting sandal gue ini masih setia nemenin gue . ahhaaiii ..
dan gue bakal berusaha mensyukuri semua nikmatNya dengan setia pada hukumNya , berusaha dan berusaha . bersama sandal dekil gue . piss ..

2 komentar:

  1. sandale ngecap sikil, wuelex. ceritane ngalah-ngalahi cerito sandal ajaibe Abunawas.tapi sing mbarahi aq bingung iki niate cerito sandal opo curhat pingin nduweh bojo sing setiane koyo sandal jepit

    BalasHapus
  2. hhaa ..
    yo iku bang makna tersirate soko cerito iki .. :D

    BalasHapus

your coment here !!